Senin, 17 September 2007

metode penelitian

METODELOGI TENTANG KESEHATAN

Topik: informatika kesehatan masyarakat, IKM

Dari sembilan belas mahasiswa SIMKES angkatan pertama, baru 2 orang yang sudah melangsungkan ujian proposal. Lainnya, sebagian besar sudah mulai konsultasi dengan para pembimbing. Dalam waktu dekat, semoga akan semakin banyak yang menyusul. Dalam beberapa hal, metodologi penelitian untuk sistem informasi kesehatan memang berbeda dengan metodologi penelitian untuk ilmu kesehatan masyarakat pada umumnya. Tahun kemarin, mata kuliah metodologi penelitian memang tidak didesain secara khusus mengarahkan kepada aplikasi untuk sistem informasi kesehatan. Oleh karena itu, secara jujur saya angkat topi melihat semangat mereka dalam menulis proposal.

Tahun ini perkuliahan metodologi penelitian sedikit berubah, meskipun tidak berbeda secara total dengan acuan yang telah ditentukan oleh Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat. Sebagai contoh, ada satu pertemuan khusus membahas tentang studi kasus. Demikian juga, "action research" mendapatkan tekanan khusus pada topik penelitian kualitatif. Selain itu, quasi experiment study lebih ditekankan daripada penelitian eksperimental. Metode lainnya seperti etnografi, analisis arsip, simulasi serta benchmarking tidak akang disinggun secara rinci.

Saat ini, aku sedang mengumpulkan bahan bacaan untuk mahasiswa mengenai beragam metode penelitian sistem informasi serta contoh aplikasinya di sektor kesehatan. Buku bacaan utama adalah Evaluating health care information systems: methods and application dari Anderson, Aydin dan Jay . Beberapa bacaan saya dapatkan dari MIS Quarterly, Information Systems Reesearch Journal, Journal of Research Practice, Communication of the AIS, serta berbagai jurnal lainnya yang dapat ditemukan atas bantuan Google, Google Scholar, EBSCO , Medline maupun account perpustakaan elektronik dari RUG. Semua link dan materi elektronik nanti akan diposting di E-learning SIMKES, termasuk panduan mengirimkan tugas menurut kelompok. Ujian akhir adalah presentasi proposal menurut kelompok masing-masing.

Tidak ada komentar: